Berita Itjen

Tingkatkan Kompetensi SDM Pengawasan Itjen Adakan Workshop Penyusunan Jabatan Fungsional Auditor Satker BLU

Tingkatkan Kompetensi SDM Pengawasan Itjen Adakan Workshop Penyusunan Jabatan Fungsional Auditor Satker BLU

Senin (27/8) Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan mengadakan Workshop Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Auditor pada Satker BLU dilingkungan Kementerian Kesehatan. Bertempat di Auditorium GA Siwabessy Kemenkes RI. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo, SH, MM.

Dalam sambutannya Ses Itjen menerangkan bahwa Pengembangan Kompetensi diperlukan bagi setiap PNS yang tercantum dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang menyebutkan bahwa Pengembangan Kompetensi diperlukan paling sedikit 20 jam pelajaran bagi setiap PNS dalam waktu 1 tahun.

“Saat ini Inspektorat Jenderal telah menyusun Pengembangan Kompetensi ini salah satunya dengan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)”,ujar Ses Itjen  

Workshop Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Auditor pada Satker BLU dilingkungan Kementerian Kesehatan diikuti oleh 100 orang yang terdiri Satker BLU terpilih di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Metode diskusi workshop tersebut adalah mendengarkan paparan materi narasumber dari Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor BPKP Walben Damanik yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta dan narasumber.

Materi yang dibawakan oleh Kepala Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Walben Damanik berjudul membahas mengenai Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Auditor pada Satker BLU. Dalam paparannya menjelaskan bahwa formasi JFA Menurut Perka BPKP Nomor: Kep-971/SU/2005 Adalah Jumlah dan Susunan JFA PNS yang diperlukan oleh satuan organisasi pengawasan untuk mampu melaksanakan tugas pengawasan secara profesional dalam jangka waktu tertentu. Menurutnya Formasi Disusun Berdasarkan Analisis Kebutuhan menurut: A) Jenis Pekerjaan; B) Sifat Pekerjaan; C) Analisis Beban Kerja Dan Perkiraan Kapasitas Seorang PNS Dalam Jangka Waktu Tertentu; D) Prinsip Pelaksanaan Pekerjaan; Dan E) Peralatan Yang Tersedia.

Sementara itu untuk meningkatkan kemampuan teknis SPI pada Satker BLU dilaksanakan pendampingan kelompok oleh fasilitator yang terdiri dari BPKP, Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Auditor di lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dan Panitia untuk praktek penyusunan formasi jabatan fungsional auditor pada satker BLU.

Dengan diadakanya workshop ini diharapkan pegawai Satker BLU Kemenkes mampu menyusun Formasi Jabatan Fungsional Auditor, serta dapat meningkatkan kemampuan teknis pegawai Satker BLU untuk dapat menghitung kebutuhan jabatan fungsional auditor di lingkungan kerjanya.

Share this Post: