Berita Itjen

TINGKATKAN LEVEL KAPABILITAS SPIP ITJEN KEMENKES BENTUK KOMITE AUDIT

TINGKATKAN LEVEL KAPABILITAS SPIP ITJEN KEMENKES BENTUK KOMITE AUDIT

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/199/2020 tentang Pembentukan Komite Audit Dan Sekretariat Komite Audit Kementerian Kesehatan. Inspektorat Jenderal pada (12/5) mengadakan koordinasi serta perkenalan Komite Audit dilingkungan Kemenkes kepada jajaran Inspektorat Jenderal secara virtual yang dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemenkes RI, drg. Muti Utami, MPH. Koordinasi secara virtual dilaksanakan guna membahas mengenai program kerja pengawasan yang akan dilakukan oleh Itjen kedepannya. Komite audit yang telah dibenltuk terdiri dari dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS, dr. Yudhi Prayudha Ishak Djuarsa, MPH. dan Drs. Gatot Darmasto, M.B.A.

Komite Audit adalah komite pengawasan independen yang dibentuk oleh Menteri Kesehatan untuk memberikan saran strategis terkait Pengawasan Intern, pelaporan keuangan, dan tindak lanjut hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan dan 

Pembangunan yang memiliki sifat ad hoc.Membantu Menteri Kesehatan dalam melakukan pengawasan atas pengawasan intern yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal serta Memberi saran dan masukan kepada Menteri Kesehatan dan/atau Inspektur Jenderal untuk perbaikan pelaksanaan pengawasan intern oleh Inspektorat Jenderal, kualitas pelaporan keuangan tingkat Kementerian Kesehatan, dan pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaaan Badan Pemeriksa Keuangan dan pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

Pembentukan Komite Audit Juga dalam rangka untuk peningkatan level kapabilitas APIP yang semula menduduki level 3 menjadi level 4. Inspektorat Jenderal Kemenkes RI berharap dengan adanya Komite Audit dapat menjembatani hubungan antara Inspektorat Jenderal sebagai pengawas internal dengan unit eselon I lainnya dan pihak eksternal, serta membantu Inspektorat Jenderal dalam memperbaiki GRC (Government, Risk, and Control) di lingkungan Kementerian Kesehatan. (JP)

 

Share this Post: