Berita Itjen

Tingkatkan SDM Pengawasan Kemenkes Jalin Kerja Sama Dengan BPKP

Tingkatkan SDM Pengawasan Kemenkes Jalin Kerja Sama Dengan BPKP

Jakarta(31/1) Kementerian Kesehatan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan Perjanjian Kerja Sama mengenai Pertukaran Data Jabatan Fungsional Auditor, yang diselenggaran di Auditorium Ghandi Kantor Pusat BPKP RI dengan dihadiri pejabat di dilingkungan BPKP. Penandatanganan PKS ini dilakukan secara langsung oleh Sekrertaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto dan Inspektur Jenderal yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo.

Dalam sambutannya Ses Utama BPKP menjelaskan bahwa pengawasan internal tidak cukup dengan mengidentifikasi permasalahan internal, tetapi juga untuk menemukan solusi permasalahan tersebut. Untuk mampu menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan SDM yang baik dan kompeten, maka pembinaan SDM APIP menjadi hal yang sangat krusial.

“Auditor harus memiliki pendidikan, keterampilan, keahlian serta pengalaman kompetensi lain yang diperlukan untuk melakukan tanggung jawab. Auditor harus mempunyai sertifikasi jabatan fungsional auditor dan sertifikasi lain di bidang pengawasan intern pemerintah serta mengikuti diklat jabatan berkelanjutan”, kata Ernadhi.

Dengan terjalinnya kerjasama ini Ses Itjen berharap pembinaan Jabatan Fungsional Auditor termasuk Auditor Satuan Pemeriksa Internal akan lebih optimal khususnya terkait pengelolaan data pejabat fungsional auditor serta penilaian angka kredit dan efektivitas tim penilainya

Diakhir sambutannya Ses Itjen mengucapkan terima kasih karena Itjen Kemenkes telah dipilih sebagai salah satu APIP yang menjadi pilot project, sehingga proses pembinaan JFA menjadi lebih baik karena data dan informasi Auditor telah terintegrasi melalui aplikasi SIBIJAK dan beberapa aplikasi yang ada di Kemenkes seperti e-office dan SIMKA. Selain itu juga dapat mendukung target pencapaian kapabilitas APIP Itjen Kemenkes menjadi Level 4 pada tahun 2024

Share this Post: