Berita Itjen

Workshop Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2018.

Workshop Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2018.

Jakarta (8/2) Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Workshop Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui cara mengukur kualitas/kematangan peningkatan kualitas penyelenggaraan SPIP di Lingkungan Kementerian Kesehatan dengan menggunakan aplikasi penilaian maturitas SPIP.  Acara dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo, SH,MM, CFrA dan dihadiri oleh seluruh Inspektur, para pejabat struktural dan para auditor perwakilan dari masing-masing Inspektorat. Workshop disampaikan oleh tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

          

Dasar hukum penilaian penyelenggaraan maturitas SPIP adalah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dengan berpedoman pada peraturan Kepala BPKP Nomor 4 Tahun 2016. Adapun penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP meliputi unsur-unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan yang dirinci menjadi 25 fokus penilaian maturitas.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penerapan, Penilaian dan Reviu Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) mengatur bahwa Inspektorat Jenderal melakukan penilaian di tingkat transaksi sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu laporan keuangan semester 1 dan laporan keuangan semester 2. Sedangkan di tingkat entitas paling sedikit satu kali dalam dua tahun. Pengendalian Intern Tingkat Entitas adalah pengendalian yang dirancang untuk memberikan keyakinan memadai atas pencapaian tujuan pelaporan keuangan suatu organisasi secara menyeluruh dan mempunyai dampak yang luas terhadap organisasi meliputi keseluruhan proses, transaksi, akun, atau asersi dalam laporan keuangan. Pengendalian Intern Tingkat Proses/Transaksi adalah pengendalian yang dirancang dan diimplementasikan untuk memitigasi risiko-risiko dalam pemrosesan transaksi secara spesifik dan hanya terkait dan berdampak terhadap satu/sekelompok proses, transaksi, akun, atau asersi tertentu.

Workshop penilaian maturitas tersebut kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan aplikasi penilaian maturitas SPIP yang dipandu oleh tim dari BPKP dan diikuti oleh para auditor. Aplikasi yang digunakan dalam penilaian ini adalah spip.inostra.com. Dalam penggunaan aplikasi ini, masing-masing Inspektorat menunjuk satu orang power assessor, empat orang assessor dan satu orang admin yang ditugaskan untuk input data-data yang akan dimasukkan dalam penilaian maturitas SPIP tersebut.

Dengan dlaksanakannya workshop ini diharapkan APIP dapat meningkatkan maturitas SPIP di lingkungan Kementerian Kesehatan sesuai dengan amanat dalam RPJMN 2015-2019 bahwa seluruh Kementerian harus mencapai maturitas SPIP pada level 3.

 

Penulis: LY, WA

Share this Post: