Berita Itjen

Workshop Penyusunan Formasi Auditor Pada Satuan Kerja Badan Layanan Umum Kementerian Kesehatan

Workshop Penyusunan Formasi Auditor Pada Satuan Kerja Badan Layanan Umum Kementerian Kesehatan

Jakarta (28/09) Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan mengadakan Workshop Penyusunan Formasi Auditor pada Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU) di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes). Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 220 Tahun 2008 Tentang Jabatan Fungsional Auditor dan Angka Kreditnya sebagai pondasi dalam rangka mewujudkan peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang efektif serta tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Workshop ini dibuka oleh Sekretaris Itjen Kemenkes dan turut menghadirkan 2 narasumber dan 1 fasilitator dari BPKP. Dalam rangka penyusunan formasinya, workshop ini mengundang anggota Satuan Pengawas Internal (SPI) dan pegawai di bagian Kepegawaian dan/atau Organisasi dari masing-masing satker BLU Kemenkes.

BPKP khususnya Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (Pusbin JFA) dalam perannya sebagai instansi pembina JFA, memberikan bimbingan dan konsultasi terkait formasi auditor yang ada di satuan kerja Kemenkes. Hal ini sesuai dengan Perka BPKP Nomor 971 Tahun 2005 Tentang Fungsional Auditor. Dalam hal ini formasi JFA tersebut adalah jumlah dan susunan PNS yang diperlukan satuan organisasi pengawasan untuk mampu melaksanakan tugas pengawasan secara profesional dalam jangka waktu tertentu.

Penyusunan formasi JFA ini dapat disusun melalui aplikasi SIBIJAK dari BPKP, dengan melakukan perhitungan beban kerja terlebih dahulu. Beban kerja ini dihitung berdasarkan jumlah auditan, jenis kegiatan pengawasan, dan rata-rata hari penugasan pengawasan (termasuk pengembangan profesi 30%).

Sehingga dapat diketahui jumlah JFA yang dibutuhkan di tiap satuan kerja BLU Kemenkes. Sebagai contoh, misalnya perhitungan formasi JFA dengan 1 gugus tugas terdiri 13 orang auditor, yang terdiri dari 1 Auditor Madya, 3 Auditor Muda, dan 9 Auditor Pertama/Terampil.

Semoga dengan diselenggarakan Workshop ini, dapat menata formasi Auditor SPI pada satuan kerja BLU di lingkungan Kemenkes dengan baik, sesuai dengan perencanaan pemenuhan SDM dan beban kerja yang ada di masing-masing satker, sehingga auditor SPI dapat melaksanakan pengawasan secara efektif dan efisien. (GT)

Share this Post: