Konsultasi

Form Konsultasi


Pertanyaan Anda

  1. Neneng Rachmawati7 Apr 2020

    Perusahaan kami memiliki pekerjaan di instansi RSCM dan RSUP Adam Malik pada TA 2019, sampai saat ini belum ada pembayaran dari kedua instansi tersebut, mohon informasi nya kepada siapa kami harus meminta tolong, melakukan komunikasi secara lisan dan tertulis sudah dilaksanakan kepada kedua instansi tersebut namun tidak ada respon yang jelas, kapan akan dibayar. Kami adalah perusahaan UMKM dengan piutang yang macet dan kondisi ekonomi yang memburuk akibat wabah Covid-19, menyebabkan seluruh karyawan kami terpaksa harus kami rumahkan dahulu

  2. Bagus Febrianto25 Mar 2020

    Mohon arahan terkait pengadaan barang laboratorium untuk penanganan covid yg barangnya langka dan harganya di atas normal serta waktu pemenuhannya yg segera, apakah harus ditempuh prosedur pengadaan normal atau terdapat kemudahan. Seperti Pengadaan langsung atau walau barang kebutuhan barang barang di lab untuk penanganan covid 19 meskipun ada diakun yg sama dan nilai di atas 200 juta dapat dipecah sehingga dapat dilakukan pengadaan langsung? Karena jika lelang akan memakan waktu yg lama. Dan asas kemanfaatannya akan tidak terpenuhi. Mohon arahannya

  3. Sy baru akan memulai usaha pengadaan hand sanitizer dan masker, utk UKM. dengan cara repacking. Bagaimana ijin edarnya?

  4. Sy baru akan memulai usaha pengadaan hand wanariset dan masker, utk UKM. dengan cara repacking. Bagaimana ijin edarnya?

  5. Muhammad rifki20 Mar 2020

    Saya mau bertanya pakBulan februari

  6. dr Christian20 Mar 2020

    Salam sejahtera, saya ingin bertanya: Apakah ada sanksi tegas dari pemerintah jika misalnya ada orang dengan riwayat travelling dari Singapura, kemudian menetap di Jakarta selama beberapa hari, kemudian kembali ke tempat kerjanya di daerah lain padahal sudah diinstruksikan sesuai dengan arahan kemenkes agar ybs melakukan self isolation selama 14 hari dengan pertimbangan meskipun ybs terlihat sehat dan tanpa gejala, tetap ada kemungkinan menjadi pembawa virus SARS Cov 2. Kewaspadaan saya malah ditertawakan oleh ybs yang merupakan WNA. Apakah ada sanksi tegas dari pemerintah? jika ada, ke mana saya harus melapor? jika tidak, sebaiknya mulai keluarkan sanksi tegas bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan kemenkes. Karena sampai sekarang penyebaran virus ini sangat cepat dan perbandingan angka kematian di Indonesia menjadi yang tertinggi. Tidak ada yang tahu berapa banyak kasus yang akan muncul sejak 2 minggu dari sekarang, apalagi jika ternyata carriernya WNA2 yang meremehkan aturan pemerintah Indonesia. Terima kasih.

  7. dr Christian20 Mar 2020

    Salam sejahtera,

  8. Nanang Sumarna R.19 Mar 2020

    Jawaban pertanyaan dari sdr MILA tanggal 6 Maret 2920 tentang artikel yang ditulis SONIA/NIA (biochemistry & biotechnology) mohon diteruskan untuk saya

  9. Yoky Agung 17 Mar 2020

    Cara mendapatkan izin edar untuk sanitasi hand sanitizer

  10. Mardohar Simatupang16 Mar 2020

    Saya bukan mau bertanya, Pak. Saya hanya mengusulkan tentang penyembuhan pasien yang mengidap covid 19. Sebenarnya bukan jurusan saya, tapi saya hanya memberi saran. Bagaimana kalau dilakukan "pendadangan" (di kampung saya itu namanya) di Bahasa Indonesia diartikan pemanasan sejenis oukup. Pasien covid 19 di lakukan pemanasan dengan menggunakan bara arang. Orang tua saya dulu ketika masih hidup sering melakukan itu ketika flu, demam ataupun pilek. Karena dari berita yang ada di media sosial, covid 19 tidak tahan panas. Ketika pasien "dipanasi", diberikan juga pengganti ion yang hilang. Terimakasih, Pak untuk waktu anda membaca saran dari saya ini. Tetap semangat untuk mengobati pasien covid 19. God Bless us.

  11. Noel Natalis Edo Wissen12 Mar 2020

    Pkrt

  12. Sugi Dijaya Halim11 Mar 2020

    apabila saya seorang agen resmi dari suatu perusahaan kesehatan seperti sabun cuci tangan, dan jika saya sudah mendapat izin dari perusahaan terkait mengenai repacking / pengemasan ulang tersebut, apakah perlu hal lainnya lagi? =) terima kasih

  13. Saya mendapat broadcast Whatsapp ini, apakah ini benar atau hoax ya?Ini ada penjelasan yg sangat detail soal viruscorona yg sdh menjadi hantu membuat panik kita. Mohon dibaca sampe selesai. Bagus banget! ????????? ™ APA ITU VIRUS CORONA NOVEL - COVID-19 1. Apa sih Virus Corona itu? 2. Kenapa orang2 jd pada ketakutan sama Corona? 3. Apakah ini varian baru dari virus pneumonia? 4. Bagaimana antisipasinya? Menyambung tulisan saya sebelumnya, saya sebagai scientist yg berkecimpung dalam hal *biochemistry & biotechnology*, paham betul apa itu yg disebut virus. Saya bikin tulisan ini dengan penuh tanggung jawab, berdasarkan pengetahuan & pengalaman saya berkecimpung dalam laboratorium biologi. Dan karena banyaknya informasi simpang siur yg beredar di kalangan masyarakat, serta berita2 tak bertanggung jawab yg disebarkan secara sengaja, akhirnya membuat kegaduhan kehidupan masyarakat kita yg tak paham banyak hal. 1. *Apa sih Virus Corona itu?* Corona Virus tidak lain & tidak bukan adalah sejenis *JAMUR/MOULD* yg sangat mudah dikembangbiakan dalam skala laboratorium, dengan temperatur/suhu tertentu. Hanya dengan menggunakan peralatan lab sederhana (cawan petri & medium agar2 sbg sarana pengembang biak), maka JAMUR/MOULD akan beranak pinak dengan sendirinya. Orang awam sebut MOULD ini sebagai virus Tapi....apapun sebutannya, "mereka" adalah mikro organisme yg sejenis, alias sama. Masa inkubasi mikro organisme tsb, ada yg 1 minggu, 2 minggu, bisa juga 1 bulan... Semua tergantung pada medium yg disediakan. Apa itu medium? Sarana sbg pengembang biak mikro organisme. (Anggap lah sebagai rahim, tempat beranak pinak si mikro organisme) Semakin bagus mediumnya, makin cepat beranaknya & pengembangbiakannya. Spt rahim para wanita yg hamil, ada yg kelahiran cacat, tak sempurna, bahkan lahir mati. Mikro organisme juga spt itu. Tergantung mediumnya. Medium bagus pun, bs jd mikro organisme yg beranak pinak cacat, tak sempurna, dan mati sebelum tumbuh. Spt apa medium yg bagus? Mengandung protein & asam amino tinggi. Protein & asam amino = syarat dasar atau rumus pembentuk kehidupan. Tubuh manusia untuk beregenerasi sel, syaratnya butuh protein & asam amino. Sampai disini, semoga bisa dipahami yah 2. Kenapa orang2 jd pada ketakutan sama Corona? Karena tak paham, makanya ketakutan. Belum lagi, pemberitaan yg dibombardir terus menerus. Masalahnya, pemberitaan pendek2 sebaris saja, yg tak lengkap, hanya menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Apalagi "kebiasaan" menelan pil pahit sosmed mentah2 tanpa dicerna pakai nalar/logika. 3. Apakah ini varian baru dari virus pneumonia? Tidak !! Bukan !! Hampir semua mikro organisme tsb bentuknya memang Corona alias dari kata "CROWN" (MAHKOTA). Bulat + ada kayak antena TV nya Teman2 pasti sering lihat dalam versi CGI-nya (Computer Generated Images) di iklan2 jualan AC, humidifier & bahan2 desinfektan. Saya sertakan screen shot iklan pembersihan AC di Inf*rm*, yg sy foto sendiri, spy bisa dipahami bentuk rupa si Corona. Jadi, ini bukan mikro organisme baru. Kita dah sering ketemu si Corona dr bertahun2 silam Koq baru pada ketakutannya sekarang sih? >>> nah...media nih yg mesti tanggung jawab gorengan pisang & risolnya. 4 *Bagaimana antisipasinya?* (Menyambung statement dari Menkes dr. Terawan) Saya akan jabarkan secara lengkap, semoga bermanfaat & meredam gonjang ganjing risol sosmed, yg digoreng tak sampai matang ini. Saya tak akan bahas lagi soal hygiene, pasti sudah pada paham. Yg akan sy jabarkan adalah soal pengendalian & solusinya yg murah meriah. A. Sediakan cuka makan. B. Sediakan humidifier (yg murah saja, bs beli online 290 rb yg kapasitas 5 liter). C. Pengasapan menggunakan asap tembakau. D. Kuras rumah menggunakan cuka atau bayclin. E. Masker tak diperlukan bagi yg sehat. Kalau lagi sakit, baru pakai masker. (Jangan terbalik !!) F. Hindari menumpuk barang di rumah (baju bekas, sepatu, kardus, sofa, apalagi nyetok makanan) G. Hindari FLU SHOT ! Ulasan : A. Cuka makan + air = 1 : 4 (1 banding 4 ; cukanya 1 bagian, airnya 4 bagian). B. Masukan ke alat humidifier atau kalau punya kipas angin di rumah, taruh cuka + air dlm mangkok depan kipas angin. Biarkan seluruh ruangan, sampai ke teras rumah & kamar mandi kesemprot cuka. Mikro organisme mau itu bentuknya Crown kek...Cincin kek...Gelang kek....Kalung kek... >>> *bakal mati & gak sempat inkubasi* Simple toh? Tolong dijalankan Demi kesehatan bersama. Percuma baca doang & broadcast, tapi diri sendiri gak jalankan protokol ini. C. Beli tembakau murah meriah 1 kilo 90 ribu sudah dapat seabreg2. Itu pun yg grade A. Cari di pasar, banyak yg jual tembakau. Bakar sampai asapnya kehirup & memenuhi ruangan. Gak usah takut sama asap tembakau. Itu bagus. Mikro organisme itu super duper kecil cil cil, pakai kacamata pembesar pun gak bakal kelihatan. Makanya disebut mikro organisme >>> cuman bs dilihat penampakannya pakai mikroskop. Asap paling ampuh "mengikat" mikro organisme. Nano lawan nano. Asap = nano = molekulnya kecil. Bisa masuk ke sela2 terkecil. Takut sama tembakau? Itu ngaco Yg salah adalah chemicals yg ditambahkan pd rokok/tembakau. *Bukan tembakaunya yg salah* Tembakau itu sangat super bagusnya, sangat berkhasiat membantu kesehatan kita. (PENJELASAN LEBIH LANJUT BESOK2 SAYA TULIS SOAL TEMBAKAU) D. Lap meja, lemari, wall paper, dapur, kloset, washtafel pakai cuka atau bayclin buat steril dr mikro organisme. E. Banyak orang tak paham, bahwa masker itu punya pori2 besar (dari sisi pandang ukuran mikro organisme). *Mau pakai masker 10 lapis pun, mikro organisme tetap tembus* Jadi kalau yg sehat pakai masker, malahan dia akan kena sakit >>> sesak nafas & kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ke otak, nanti jd tekanan darah tinggi & gula darah naik. Masalah lagi kan? Selama Anda rutin berdahak, itu sehat. Dahak & ingus = mekanisme alami tubuh dari sel darah putih menyaring/menangkap/mengurung mikro organisme jahat yg masuk ke tubuh. Masuk bisa melalui saluran pernafasan & saluran pencernaan. Setelah mikro organisme jahat tersebut "ditangkap" oleh dahak/ingus, tinggal dibuang. Beres. Makanya jgn sampai dahak tertelan ya. Jadi... stop borong masker !!! Biarkan saja para penimbun masker & yang mau ambil untung gila2an, nanti juga harganya jatuh. Lagipula, masker yg ditimbun pun *rentan ditumbuhi mikro organisme* kalau penyimpanannya asal2an. Alias nanti rusak sendiri ! Hayo looo Pilih tanpa masker & mekanisme tubuh alami didongkrak? Atau pilih pakai masker yg dah ditumbuhi bibit penyakit? Pikir ulang deh F. Barang2 bekas bisa jd medium si Corona beranak pinak. Lebih baik disingkirkan, cuci bersih pakai cuka/bayclin, baru sumbangkan. Atau bakar sekalian. Gak ada manfaatnya ditimbun. Mati juga kita gak bawa masuk barang2 itu ke liang kubur toh? Hiduplah leluasa, bernafaslah dengan lega...ruang yg sempit pun jadi ebih indah tanpa tumpukan barang yg gak guna. G. Hindari FLU SHOT ! Bukannya dapat anti bodi tubuh, malah sistem imun kita jadi lemah akibat merkuri (Thimerosal) dan aluminium pada flu shot tsb. *** *Sonia/Nia* *Biochemistry & biotechnology scientist* You can reach me anytime to ask something about your health. Sy luangkan waktu 1 jam bikin tulisan ini. Tolong bantu sy menyebarkannya bagi seluruh masyarakat Indonesia menjadi sehat, tanpa ketakutan yg sia2. Demi NKRI Stop sampai di diri kita sendiri hoax ataupun paranoid hysteria yang ada. Apa lagi tulisan2 yg mendompleng isu Corona ini dgn mengatasnamakan agama & politik, stop semua yaaa, Virus kalau mau masuk tubuh seseorang tidak tanya AGAMA lho. Mari sama2 kita jadi dewasa & bernalar sehat. *** *PENYAKIT PALING MENAKUTKAN ADALAH SAAT NALAR ???? KITA TAK LAGI BERFUNGSI OPTIMAL* #CopasWAG

  14. GITA KOSTANIA24 Feb 2020

    Bagaimanakah prosedur pengajuan surat bebas temuan dari Itjen untuk mutasi PNS dari Poltekkes Surakarta ke Poltekkes Malang?

  15. AFIF MAULANA17 Feb 2020

    Assalamualaikum.. Kami dari Poltekkes Mataram mohon diberi pencerahan, ini terkait hak teman2 jabatan fungsional berupa tunjangan, beberapa hari yg lalu kami terima SK fungsionalnya teman2 Pranata Laboratorium Pendidikan,: menurut informasi dari Ropeg (Pak Taufik) bahwa hak tunjangan fungsional dan kenaikan tunkin karena naik grade teman2 ini terhitng sejak pelantikan/pengambilan sumpah fungsionalnya, bukan berdasarkan TMT yg tertera dalam SK, sedangkan selama ini untuk fungsonal dosen itu kami bayarkan per TMT yg tertera dalam SK. Mohon arahan nya.. aturannya terutama.. dan apabila memang demikian apakah dosen yg dibayarkan tunjangan fungsonalnya sebelum pelantikan harus mengembalikan ke negara?. sekian, terima kasih..

  16. Endik agung wiyono7 Feb 2020

    Apakah sudah ada permenkes yang mengembalikan fungsi dasar puskesmas? Atau apakah ada permenkes resmi yang meniadakan akreditasi bagi puskesmas? Dan mengembalikan fungsi dasar puskesmas?

  17. MARINDA WIBISONO31 Jan 2020

    Apakah ada form baku atau juknis untuk pelaporan gratifikasi dari UPT ke Itjen selain dari Permenkes No 14 tahun 2014?

  18. Mirna Estrella30 Jan 2020

    Apakah aparatur sipil negara yang mengikuti program RPL harus mengikuti ujian kompetensi agar boleh mendapatkan STR? Terima kasih.

  19. apakah sudah ada pengumuman resmi dari kemenkes mengenai outbreak pneumonia di tiongkok

  20. Rahmat Wijaya29 Nov 2019

    kami punya peralatan kedokteran yang bisa membantu Rumah Sakit dalam pelayanannya ke masyarakat karena ramah terhadap perhitungan BPJS, bagaimana caranya agar kami dapat mempresentasikan alat tersebut di Kementrian Kesehatan ? Besar harapan kami agar Menteri Kesehatan dapat hadir dalam acara presentasi alat2 kami tersebut.

  21. Emi Wijayani13 Nov 2019

    Assalamu'alaikum..saya ingin menanyakan tentang proses pembuatan surat bebas temuan untuk mutasi dari RSUP Fatmawati ke Pemda Bantul Yogyakarta

  22. Ratna Purba12 Nov 2019

    Salah Seorang petugas di PT berganti , bagaimana cara mengganti nama tersebut di IPAK ? Mohon informasinya terima kasih

  23. Metaradita Adha12 Nov 2019

    Bagaimana ijin membuka klinik? Apakah bisa digabungkan buka klinik dengan perdagangan?

  24. Fachri afif11 Nov 2019

    Assalamualaikum wr wb. Izin bertanya bapak/ibuk. Sehubung kami ingin mengadakan pemilihan duta kesehatan Indonesia dengan nama Miss mister health Indonesia, jadi disini kami ingin mengajukan bentuk kerja sama (sponsor ship) kepada kementrian kesehatan. Jika di perkenankan, kami bagaimana cara pengurusan kerjasama tersebut? Dan apa saja persyaratan yang harus kami persiapkan. Terima kasih Wassalamualaiku wr wb.

  25. Fachri afif11 Nov 2019

    Bagaimana cara pengajuan sponsor ship kepada kementrian kesehatan?

  26. Anita ria8 Nov 2019

    Apa benar bpjs sekarang bisa digunakan di rumah sakit mana saja (termasuk rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan bpjs), apabila pasien dalam kindisi kritis? Dikarenakan saya mempunyai orang tua saya dalam kondisi keritis.

  27. Risna Yuliani29 Oct 2019

    Berapa lamakah proses untuk peninjauan masa kerja? Saya sudah mengajukan sejak Juli 2018, tetapi sampai sekarang tidak ada kabar

  28. parulian marpaung28 Oct 2019

    1. Klinik Kecantikan KBLI nya Berapa Ya? 2. Klinik Kecantikan Perjinan apa saja yang harus diurus dan Kemana?

  29. rafafa

  30. Assalamu’alaikum wr, wb . Saya mau bertanya, sekarang sedang gencarnya di desa-desa pihak puskesmas mewajibkan dan memaksa ibu bersalin di puskesmas sedangkan banyak ibu yang lebih nyaman memilih dilayani di praktik mandiri bidan, yang saya tanyakan apakah ada aturan di permenkes yang mewajibkan ibu bersalin di puskesmas?

  31. Maaf ini bagian pengambilan obat di RS. TAJUDDIN CHALID, Makassar kok lelet bangat, lama sekali.

  32. Dwi Purnama17 Sep 2019

    Bagaimana alur pengaduan masyarakat mengenai jasa pelayanan rsud yg tidak dibayarkan pada oegawai PNS, CPNS, dn non PNS ?

  33. Elmin Wahidi 9 Sep 2019

    Saya tertarik dengan lowongan Auditor Ahli Pratama. Ternyata telah lewat deadline. Apakah masih bisa disusulkan. Usia saya genap 40 th Desember nanti. Saya lulusan D4 keperawatan

  34. Cang teni3 Sep 2019

    Selamat pagi kami ingin bertanya untuk izin edar popok bayi merek dari amerika yang sudah memberikan surat kontrak perjanjian kerja selama 5 tahun tetapi di tujukan kepada nama PT berbeda dengan Yang ingin memohon perizinan izin edar apakah bisa ?apakah ada perlengkapan lain yang harus di lampir lagi?

  35. Hari Heryadi28 Aug 2019

    Yth Bpk/ ibu , saya ingin menanyakan proses pembuatan surat bebas temuan untuk persyaratan mutasi dari RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor ke Dinas Kesehatan Kota Bandung. terimakasih

  36. Selamat siang, mau bertanya. Apakah melalui cpns bisa mendaftar sbg staf direktorat di kementrian kesehatan? Terimakasih

  37. Selamat sore mau bertanya terkait permenkes tunjangan kinerja di lingkungan kemenkes apakah permenkes tsb berlaku juga disatker BLU ? TERIMA KASIH

  38. Syamsul Rizal Sinulingga25 Jun 2019

    Selamat siang Itjen Kemkes RI, saat ini saya fungsional dosen dengan pangkat/gol penata/III.c" . Terkait dengan surat edaran Itjen Kemkes No. KP.02.03/I.4/3247/2019 tanggal 14 Juni 2019 tentang mutasi pindahan ASN ke Itjen Kemkes, diantara persyaratan pada formasi auditor ahli pertama adalah "Pangkat/gol maksimal penata muda Tk.I/III.b. Apakah saya dengan golongan saat ini (III.c) masih bisa mengikuti seleksi tersebut? terimakasih

  39. ZAIFUL KHOLIS31 Mar 2019

    Minta tolong di Demak ada dokter yang melakukan malpraktek

  40. Anggun P. Pratiwi25 Mar 2019

    Kapankah pembukaan submission baru untuk Alkes di e-katalog?

  41. Selamat pagi bapak/ibu. Saya bekerja di rs dr. Ario wirawan salatiga. Kami ingin menanyakan pada saat pemberian gaji ke 14 /THR apakah disertai dengan pemberian remunerasi ke 14 juga? Saya menanyakan teman2 yang di rumah sakit lain dibawah kemenkes ri, semua mendapat remunasi ke 14, tapi kenapa sampai sekarang kami belum mendapatkan? Mohon saran & bantuannya. Terima kasih

  42. Slmt pagi ibu, saya ingin penjelasan masalah pendidikan bidan d3. Saya bekerja dipuskesmas bandar baru deli kec sibolangit kabupaten deli serdang, 2 tahun lalu kami pegawai yg pendidikan nya masih d1 disuruh mendaftar ke dinas kesehatan kabupaten utk pengajuan melanjutkan pendidikan ke d3 ,yg katanya akan dibiayayi pemerintah alias geratis. Kira Kira 6 bulan lalu ada panggilan ke saya utk melanjutkan pendidikan itu tapikenakan biaya per semester 3'5 jt. Yg mau saya tanyakan, kalau itu mmg biaya ditanggung pemerintah kenapa diminta lagi kepada kami utk biaya pendidikan, kenapa untuk pendidikan gizi d3 gak dikenakan biaya, padahal kami sama mendaftar. Mohon penjelasannya bu, krn saya ingin kuliah tp tidak punya Dana utk itu. Terima kasih

  43. Slamet rokhani12 Sep 2018

    Assalamualaikum wr. Wb. Salam hormat salam sejahtera untuk ibu bpk menteri kesehatan saya hanya mewakili suara dari peserta kartu bpjs kelas 3 atau kartu bpjs yang biaya di tanggung oleh pemerintah mohon maaf saya cuma ingin tanya dan berbagi pengalaman serta mengharap jawaban dari bpk ibu menteri kesehatan begini saya adalah anak ke tiga dari 3 bersaudara keadaan ekonomi kami lemah dan dari kecil kami bertiga hidup hanya dari jerih payah seorang ibu sedangkan ayah kami sudah tdk mau tau setelah beranjak dewasa kakak saya yang pertama dan kedua pergi mengadu nasib di jakarta dan bekerja sebagai PRT d rumah orang2 kaya di sana untuk membantu perekonomian keluarga kami dan alkhamdulillah atas kehendak yang mahakuasa mereka berhasil menyekolahkan saya sampai lulus sampai jenjang tingkat smk,nah sekitar 3 tahun yang lalu kami di beri cobaan kembali yaitu kakak saya yang kedua sepulang dari jakarta mengalami gangguan jiwa dan kamipun tanpa patah semangat mengobati kakak kami sampai sekarang dengan menggunakan kartu bpjs yang di jaminkan oleh pemerintah dan sekarang kakak saya masih dalam tahap pengobatan atau lebih tepatnya rawat jalan saya sangat berterima kasih kepada pemerintah atas adanya kartu miskin tersebut nah yang ingin saya tanyakan mulai bulan ini kenapa obat yang d sediakan oleh rumah sakit jiwa tempat kakak saya mengambil obat sekarang sudah harus membayar obat tersebut sedangkan kami pengguna kartu miskin dari pemerintah apakah kartu miskin tersebut sudah tidak berlaku atau bagaimana??? Mohon penjelasan dan jawabanya dari bapak ibu menteri kesehatan terimakasih dan mohon maaf jika ada perkataan yang kurang sopan dan selamat malam salam sejahtera wassalamualaikum WR.WB

  44. Sudah 1 taun seragam untuk perkuliahan belum ada kabar. Dan hanya informasi simpangsiur

  45. Sudah 1 taun seragam untuk perkuliahan belum ada kabar. Dan hanya informasi simpangsiur

  46. mohon petunjuk terkait permenkes nomor 28 thn 2016 ttg pedoman pengadaan ASN di lingkungan pemda dari PTT kemenkes, belum sepenuhnya dijalankan diibeberapa kabupaten/kota di papua barat khusunya kami dari kabupaten tambrauw papua barat, yang telah mengikuti seleksi dan dinyataka lulus dan telah melengkapi berkas namun sampai saat ini belum mendapatkan SK dari pemda setempat dalam lampiran permenkes Bab III “Pengangkatan Menjadi Aparatur Sipil Negara” Huruf C point 2 dan 3, sudah jelas namun belum dilaksanakan oleh pemerintah daerah

  47. Solusi penyerahan Family member ODGJ berbahaya dengan biaya ringan atau tanpa biaya ? Thank you :)

  48. bagaimana cara lapor lhkpn?

  49. apakah di po klinik RSUD Ciawi bogor tidak mempunyai jadwal praktek dokter. ko dokter datang seenaknya. saya menggunakan fasilitas poliklinik kebidanan. tgl 29/11/2017 jam 12.15 dokter belum juga muncul. tolong kalau tidak ada jadwal kepegawaian membuatkan jadwal praktek. jangan dibiarkan pasien menunggu dari jam 08.00 sampai 12.00 tanpa ada kepastian dokternya jam berapa datang. kasihan anak saya yang baru lahir menunggu lama di rumah

  50. sy kuliah disalah satu politeknik kesehatan negeri dan telah diwisuda pada sgustus 2017 yang lalu. kami yang merupakan angkatan pertama dari program studi jurusan tersebut dipaksa untuk memberkan sumbangan kepada kampus dengan "seolah-olah" diancam (secara tidak langsung) bahwa ijazah kami tidak akan diberikan dan tidak bisa diberikan sebelum urusan sumbangan itu diselesaikan. disini sy hanya ingin berkonsultasi. karna sy rasa setidaknya sy memiliki hak untuk berbicara namun tidak berani karena adanya kekuasaan orang-orang yang berada dikampus. sebenarnya sudah terpampang nyata. namun rasanya pihak diatas dan lainnya seakan menutupi karena masing-masing diuntungkan dengan adanya ini.