MOTO ITJEN: Menuju Indonesia Sehat Tanpa Korupsi

Entry Meeting Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI Tahun 2023

02 Aug 2023

Jakarta (02/08) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyelenggarakan Entry Meeting terkait Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) pada Rabu 2 Agustus 2023 secara daring melalui aplikasi Zoom maupun Kanal Youtube Kementerian PANRB dan rbkunwas.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Deputi Bidang RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto. Entry meeting ini turut menghadirkan narasumber dari internal Kemenpan RB, yakni Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan RB, Agus Uji Hantara, dan Asisten Deputi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II, Budi Prawira mengenai Gambaran Umum Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI. Sebelum ditutup dengan diskusi tanya jawab, materi mengenai gambaran teknis evaluasi SAKIP, RB, dan ZI tersebut disampaikan oleh Analis Kebijakan Muda Kementerian PANRB.

 

 

Tujuan evaluasi ini dilakukan untuk memberikan saran perbaikan, percepatan pelaksanaan RB, akuntabilitas kinerja, dan ZI. Selain itu hal ini dilaksanakan untuk menilai perkembangan pelaksanaan RB, akuntabilitas kinerja, dan ZI. Output evaluasi SAKIP tahun ini adalah Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dengan tema prioritas nasional, yakni “Pengentasan Kemiskinan”. Selain itu, output evaluasi pelaksanaan RB adalah Laporan yang berisi perkembangan nilai RB, catatan terkait perkembangan implementasi kebijakan RB, rekomendasi kepada pimpinan K/L/PD, termasuk implementing atas tema “Prioritas dalam RB Tematik”.

 

 

Diharapkan sebelum bulan Desember evaluasi tahun 2023 ini telah selesai, sehingga pada akhir Desember evaluator nasional dapat menyampaikan hasil evaluasi SAKIP, ZI, dan RB kepada instansi pemerintah. (GT)

Sekretariat Inspektorat Jenderal JL. H. R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Kuningan - Jakarta Selatan 12950

Kontak Kami

Phone: 021-5201590
Fax: 021-5201589/5223011
Email: itjen@kemkes.go.id
Email Pengaduan: pengaduan.itjen@kemkes.go.id
Email Unit Pengelola Gratifikasi: upg@kemkes.go.id
Hotline Perundungan: perundungan.kemkes.go.id
0812-9979-9777
Inspektorat Jenderal mempunyai tugas menyelenggarakan Pengawasan Intern di Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan